Rapat Anggota 2019

Serba-Serbi Rapat Anggota Koperasi Karyawan Pegadaian "Budi Setia" tahun 2019

Selamat Datang !

Bapak / Ibu anggota Koperasi Budi Setia yang kami hormati,

Rapat Anggota tahun ini akan kita laksanakan secara online dengan media video konferensi. Mengingat kita baru pertama kali mengadakan rapat secara online, maka tentu saja banyak pertanyaan dari para anggota terkait hal ini.

Tenang saja! Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan beserta jawabannya dibawah ini :-)

A. Frequently Asked Questions (FAQ):

Kenapa Rapat Anggota dilakukan dengan video konferensi ?

Memperhatikan kondisi pandemi global COVID-19, dimana ada resiko kesehatan jika mengumpulkan anggota secara fisik pada suatu acara besar; Serta merujuk kepada Pasal 16 Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor:19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaran Rapat Anggota Koperasi juncto Pasal 8 Anggaran Rumah Tangga, dimana diatur diperbolehkan melakukan Rapat Anggota dengan media elektronik (video conference).

Apa yang akan dibahas pada Rapat Anggota ?

Agenda Rapat antara lain :

  1. Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2019;
  2. Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya (RARK & RAPB) Tahun 2020

Siapa saja yang akan menghadiri Rapat Anggota ?

  1. Pengurus Koperasi
  2. Dewan Penasehat
  3. Pengawas
  4. Karyawan Koperasi
  5. Perwakilan Anggota Koperasi tiap Cluster

Apa itu Perwakilan Anggota ?

Perwakilan Anggota adalah perwakilan yang telah ditunjuk anggota yang ada di masing-masing cluster untuk mengikuti Rapat Anggota secara online.

Kami telah menunjuk Koordinator untuk melakukan koordinasi dengan anggota di cluster / divisi masing-masing. Anggota yang ditunjuk sebagai Perwakilan harap mengisi konfirmasi di Google Form : https://bit.ly/KonfirmasiRAT2019

  • KONFIRMASI HARUS DIISI LANGSUNG OLEH ANGGOTA YANG TELAH DITUNJUK SEBAGAI PERWAKILAN
  • HARAP MENGGUNAKAN / LOGIN DENGAN AKUN GWORK PEGADAIAN
  • HARAP MENGGUNAKAN BROWSER FIREFOX/CHROME DI LAPTOP / PC. JANGAN ISI VIA SMARTPHONE
  • SANGAT DISARANKAN MEMILIH PERWAKILAN YANG LUMAYAN PAHAM AKAN PENGOPERASIAN KOMPUTER DAN EMAIL

Apa itu Cluster ?

Cluster adalah pengelompokan anggota berdasarkan Divisi (khusus Kantor Pusat Pegadaian) atau kedekatan geografis unit kerja di tiap kanwil. Kami sudah membagi sebanyak 85 cluster, dan memilih 85 orang Koordinator, yang nantinya akan membantu memilih 85 orang perwakilan untuk mengikuti Rapat Anggota.

Pengelompokan ini untuk mempermudah koordinasi proses pemilihan perwakilan.

Daftar Cluster beserta koordinatornya bisa dilihat di kolom Berita / Surat Undangan di dalam aplikasi Kimora.

Bagaimana jika suatu cluster tidak melakukan konfirmasi perwakilan ?

Jika suatu cluster tidak melakukan konfirmasi perwakilan sampai dengan batas waktu tanggal 25 April 2020 pukul 23:59 WIB, maka Koordinator yang telah ditunjuk akan dianggap sebagai Perwakilan dari cluster tersebut.

Kapan dan dimana Rapat akan diselenggarakan ?

Rapat Anggota rencananya akan diadakan pada hari Senin, tanggal 27 April 2020 pukul 15:00 WIB s.d selesai.

Rapat menggunakan fasilitas Google Meet

Apakah ada proses pengundian Door Prize pada saat Rapat berlangsung ?

TIDAK ADA proses pengundian Door Prize pada Rapat Anggota tahun ini.

Doorprize akan diganti dalam bentuk insentif kepada seluruh anggota.

Dimana saya bisa melihat Materi Rapat ?

Materi Rapat bisa didownload di dalam Aplikasi Kimora.

Silakan login ke Kimora, via link ini

Atau jika belum pernah login ke Kimora, silakan baca panduannya disini

Saya belum pernah memakai Google Meet. Apakah itu ?

Google Meet merupakan software video konferensi dari Google, dan merupakan bagian dari G-Work Pegadaian.

Jika anda menggunakan laptop / PC maka anda cukup klik link yang diberikan, dan Google Meet akan berjalan di atas browser default anda.

Jika anda menggunakan smartphone Android, harap instal aplikasi Google Meet di sini

Jika anda menggunakan smartphone iPhone, harap instal aplikasi Google Meet di sini

Dimanakah link Google Meet untuk Rapat Anggota nanti ?

Link Google Meet akan dikirimkan via email / Whatsapp kepada Perwakilan yang sudah melakukan konfirmasi pada Google Form konfirmasi. Rencananya akan dibagikan pada tanggal 26 April 2020

Apa yang harus saya persiapkan dalam mengikuti Rapat Anggota ?

  1. Kondisi kesehatan sehat.
  2. Memakai pakaian yang rapi sopan.
  3. Laptop dengan sistem operasi Windows / macOS / Linux dan dilengkapi dengan webcam dan microphone ATAU smartphone Android/iOS.
  4. Memakai browser Mozilla Firefox / Google Chrome untuk penggguna laptop ATAU memakai aplikasi Google Meet bagi pengguna smartphone.
  5. Pemakaian earphone / headphone sangat disarankan, walau tidak bersifat wajib.
  6. Koneksi internet yang stabil. Disarankan memakai koneksi wifi.
  7. Kondisi ruangan yang nyaman dan tenang.

Etika dalam video konferensi

  1. Wajib memperlihatkan wajah (tidak ditutup)
  2. Microphone (mic) selalu dalam kondisi mute (nonaktif). Hanya berbicara jika sudah meminta izin dan diberikan izin
  3. Admin atau Ketua Rapat berhak melakukan mute microphone atau remove participants jika dirasakan mengganggu jalannya rapat.
  4. Jika ingin berbicara, harap ajukan terlebih dahulu memakai kolom chat yang tersedia.

B. Troubleshooting:

Pertanyaan 1 :

Saya ingin melakukan input perwakilan cluster pada link Google Form yang telah diberikan. Tapi muncul respon "ANDA PERLU IZIN" atau "YOU NEED PERMISSION" seperti gambar disamping. Apa yang harus saya lakukan ?

Jawab:

Hal ini terjadi karena kami mewajibkan form tersebut diisi oleh orang yang memiliki akun GWORK Pegadaian. Dan pada umumnya smartphone kita didaftarkan dengan email pribadi (biasanya Gmail), bukan dengan akun Pegadaian.

Saran kami, silakan buka link tersebut dari laptop / PC, dan pastikan anda dalam posisi login pada akun GWORK Pegadaian. Link akan bisa dibuka secara normal

Pertanyaan 2 :

Pada saat mengikuti rapat dengan Google Meet saya menemukan beberapa masalah seperti : audiens tidak bisa mendengar suara saya, dan/atau tidak bisa melihat wajah saya. Apa yang harus saya lakukan ?

Jawab:

Pahami pengoperasian Google Meet, seperti gambar disamping. Google Meet memiliki 3 (tiga) tombol dasar :

  1. Tombol Suara (icon Microphone) : untuk hidup / matikan penangkapan suara anda.
  2. Tombol Panggilan (icon Phone) : untuk mengakhiri meeting
  3. Tombol Kamera (icon Camera) : untuk hidup / matikan penangkapan kamera anda.

Setiap tombol memiliki 2 (dua) mode :

  • Mode ON (hidup) : tombol berwarna putih.
  • Mode OFF (mati) : tombol berwarna merah.