Berinovasi - Bertumbuh - Bersama
Bapak / Ibu anggota Koperasi Budi Setia yang kami hormati,
Rapat Anggota tahun ini akan kita laksanakan secara online dengan media video konferensi. Mengingat kita baru pertama kali mengadakan rapat secara online, maka tentu saja banyak pertanyaan dari para anggota terkait hal ini.
Tenang saja! Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan beserta jawabannya dibawah ini :-)
Memperhatikan kondisi pandemi global COVID-19, dimana ada resiko kesehatan jika mengumpulkan anggota secara fisik pada suatu acara besar; Serta merujuk kepada Pasal 16 Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor:19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaran Rapat Anggota Koperasi juncto Pasal 8 Anggaran Rumah Tangga, dimana diatur diperbolehkan melakukan Rapat Anggota dengan media elektronik (video conference).
Agenda Rapat antara lain :
Perwakilan Anggota adalah perwakilan yang telah ditunjuk anggota yang ada di masing-masing cluster untuk mengikuti Rapat Anggota secara online.
Kami telah menunjuk Koordinator untuk melakukan koordinasi dengan anggota di cluster / divisi masing-masing. Anggota yang ditunjuk sebagai Perwakilan harap mengisi konfirmasi di Google Form : https://bit.ly/KonfirmasiRAT2019
Cluster adalah pengelompokan anggota berdasarkan Divisi (khusus Kantor Pusat Pegadaian) atau kedekatan geografis unit kerja di tiap kanwil. Kami sudah membagi sebanyak 85 cluster, dan memilih 85 orang Koordinator, yang nantinya akan membantu memilih 85 orang perwakilan untuk mengikuti Rapat Anggota.
Pengelompokan ini untuk mempermudah koordinasi proses pemilihan perwakilan.
Daftar Cluster beserta koordinatornya bisa dilihat di kolom Berita / Surat Undangan di dalam aplikasi Kimora.
Jika suatu cluster tidak melakukan konfirmasi perwakilan sampai dengan batas waktu tanggal 25 April 2020 pukul 23:59 WIB, maka Koordinator yang telah ditunjuk akan dianggap sebagai Perwakilan dari cluster tersebut.
Rapat Anggota rencananya akan diadakan pada hari Senin, tanggal 27 April 2020 pukul 15:00 WIB s.d selesai.
Rapat menggunakan fasilitas Google Meet
TIDAK ADA proses pengundian Door Prize pada Rapat Anggota tahun ini.
Doorprize akan diganti dalam bentuk insentif kepada seluruh anggota.
Google Meet merupakan software video konferensi dari Google, dan merupakan bagian dari G-Work Pegadaian.
Jika anda menggunakan laptop / PC maka anda cukup klik link yang diberikan, dan Google Meet akan berjalan di atas browser default anda.
Jika anda menggunakan smartphone Android, harap instal aplikasi Google Meet di sini
Jika anda menggunakan smartphone iPhone, harap instal aplikasi Google Meet di sini
Link Google Meet akan dikirimkan via email / Whatsapp kepada Perwakilan yang sudah melakukan konfirmasi pada Google Form konfirmasi. Rencananya akan dibagikan pada tanggal 26 April 2020
Pertanyaan 1 :
Saya ingin melakukan input perwakilan cluster pada link Google Form yang telah diberikan. Tapi muncul respon "ANDA PERLU IZIN" atau "YOU NEED PERMISSION" seperti gambar disamping. Apa yang harus saya lakukan ?
Jawab:
Hal ini terjadi karena kami mewajibkan form tersebut diisi oleh orang yang memiliki akun GWORK Pegadaian. Dan pada umumnya smartphone kita didaftarkan dengan email pribadi (biasanya Gmail), bukan dengan akun Pegadaian.
Saran kami, silakan buka link tersebut dari laptop / PC, dan pastikan anda dalam posisi login pada akun GWORK Pegadaian. Link akan bisa dibuka secara normal
Pertanyaan 2 :
Pada saat mengikuti rapat dengan Google Meet saya menemukan beberapa masalah seperti : audiens tidak bisa mendengar suara saya, dan/atau tidak bisa melihat wajah saya. Apa yang harus saya lakukan ?
Jawab:
Pahami pengoperasian Google Meet, seperti gambar disamping. Google Meet memiliki 3 (tiga) tombol dasar :
Setiap tombol memiliki 2 (dua) mode :